Diberdayakan oleh Blogger.

Mana Yang Lebih Menguntungkan Investasi Tanah atau Sawah?

Investasi tanah atau sawah merupakan salah satu jenis investasi yang saat ini paling banyak digemari. Maka tidak mengherankan jika saat ini banyak sekali orang yang berlomba lomba menginvestasikan uangnya untuk membeli tanah dan sawah.



Salah satu sebab banyak orang memilih investasi tanah dan sawah ini adalah untuk mencari keuntungan yang sebanyak banyaknya. Akan tetapi ada sebagian orang yang membeli tanah dan sawah ini tidak mendapatkan keuntungan tetapi malah mengalami kerugian. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan investasi apa yang cocok untuk dijalankan, apakah investasi tanah atau sawah.

Hal Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Investasi Tanah

Hal pertama yang harus perhatikan ketika menjalankan investasi tanah adalah menentukan lokasinya. Artinya lokasi tanah yang strategis juga akan mempengaruhi harga jualnya. Peminat dari tanah yang memiliki letak strategis juga lebih banyak, sehingga jika suatu saat Anda ingin menjual tanah ini tidak akan mengalami kesulitan mencari pembeli. 

Setelah lokasi, hal lain yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan investasi tanah adalah legalitas dari tanah tersebut, artinya tanah tersebut memiliki dokumen yang sah seperti sertifikat tanah. Dan jangan lupa memastikan dokumen tersebut sesuai dengan kondisi yang ada dilapangan.

Selain lokasi dan legalitas tanah, kondisi dan keadaan tanah juga perlu diperhatikan. Kondisi tanah ini bisa dilihat dari bentuk tanah, hadap tanah dan kepadatan tanah. 

Akan tetapi tidak cukup dengan lokasi yang strategis, legal, dan kondisi tanah. Ada hal lain yang perlu dipertimbangkan misalnya mengunakan jasa notaris dalam jual beli agar tidak ada masalah dikemudian hari dan jangan lupa menawar sebelum membeli tanah ini.

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menjalankan investasi tanah, berikut ini akan disampaikan juga beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menjalankan investasi sawah. Agar Anda bisa menentukan pilihan yang tepat antara investasi tanah atau sawah.

Hal Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Investasi Sawah

Sebenarnya hal hal yang harus diperhatikan dalam sawah ini tidak jauh berbeda dengan yang ada pada investasi tanah. Akan tetapi ada beberapa hal yang membedakan dari kedua jenis investasi ini. Oleh karena itu, untuk mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli sawah, berikut adalah ulasannya.

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli sawah adalah harus mempunyai segmen pasar. Artinya ada yang membeli dan menerima hasil dari sawah Anda, tentunya dengan harga yang sesuai.

Selain segmen pasar, pastikan juga sumber daya yang akan mengolah sawah ini. Mulai dari membajak, penyiangan, pemupukan dan pemanenan. Karena saat ini sangat sulit dijumpai sumber daya yang kompeten untuk mengolah sawah.

Tidak hanya segmen pasar dan SDM yang mengolahnya, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bibit juga sangat penting untuk diperhatikan karena pemilihan bibit ini akan berpengaruh dengan hasil yang akan diperoleh. Pastikan benih atau bibit yang akan Anda tanam di sawah memiliki kualitas yang baik, sehingga ketika nanti panen hasilnya pun juga berkualitas dan berkuanatitas.

Kesuburan dan tersedianya irigasi juga harus diperhatikan sebelum membeli sawah. Karena kesuburan dan irigasi ini sangat dibutuhkan dalam persawahan.

Demikian ulasan singkat tentang beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjalankan investasi tanah atau sawah. Semoga dengan ulasan yang singkat tersebut bisa memberikan sedikit gambaran tentang investasi apa yang cocok dan menguntungkan untuk Anda jalankan.
Share on Google Plus

About Unknown

Saya adalah penulis yang senantiasa berbagi pengetahuan mengenai cara Investasi tanah, emas, rumah atau bangunan. Untuk membantu para pengusaha muda menemukan cara terbaik untuk meraih sukses.
    Blogger Comment
    Facebook Comment